Hikmah Pagi: Keindahan Bulan Sya'ban

Hikmah Pagi: Keindahan Sya'ban
Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, sehingga tak terasa sudah memasuki bulan Sya'ban.
Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

إنما سمي شٙعبان لأنه يتشعب فيه خير كثير للصائم فيه حتى يدخل الجنة


Sungguh bulan Sya'ban dinamakan Sya'ban karena di dalamnya terdapat  beraneka ragam kebaikan yang sangat banyak untuk orang yang berpuasa pada bulan itu sampai dia masuk ke dalam surga. (HR. Rafi'i, dari Anas, dalam kitab Faidlul Qodir Jilid, 3/4)
Hikmah Pagi: Keindahan Sya'ban
Dalam hadits yang lain juga dijelaskan,

وعن عائشة رضي الله عنها، أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصوم شعبان كله، قالتْ: قلتُ: يارسول الله، أحبُّ الشهور إليك أن تصوم شعبان، قال: الله يكتب على كل نفس ميتة تلك السنة، فأحب أن يأتيني أجلي وأنا صائم.

Hadits dari 'Aisyah, Bahwa Rasul berpuasa Sya'ban secara penuh, kemudian beliau bertanya kepada Rasulullah, Ya Rasulullah! Saya melihat engkau paling banyak puasa di bulan Sya'ban? Beliau pun mengungkapkan, Duhai istriku, Sungguh Allah mencatat setiap orang yang akan dicabut nyawanya tahun itu (tiap Sya'ban), dan Aku senang jika nyawaku diambil ketika aku dalam kondisi berpuasa. (H.R. Abu Ya'la, dalam ittihaful Khairoh al-Muhirroh, Jilid 3/8).

Semoga Allah mudahkan kita untuk menjalankan ibadah di bulan Sya'ban, guna mempersiapkan bulan suci Ramadhan sehingga kita dapat menunaikan dengan maksimal.


Semoga setiap ibadah kita senantiasa mendapakan kucuran hidayah dan ma'unah darinya Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA

Subscribe to receive free email updates:

Bisnis Properti Smartphone Murah