Pengertian Ilmu Pemerintahan dan Penjelasannya

Ilmu Pemerintahan Adalah

Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang persoalan-persoalan administrasi, organisasi, manajemen dan serta kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi publik atau lembaga-lembaga badan publik yang bertugas melaksanakan tugas kekuasaan negara sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Obyek dan subyek organisasi ini mencakup lembaga eksekutif, lembaga legislatif, lembaga yudikatif, dan lembaga-lembaga lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga : Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial Bagi Anak-Anak

Lulusan dari S1 Ilmu Pemerintahan bergelar Sarjana Ilmu Pemerintahan {S.IP}. Biasanya Mata Kuliah (MK) umum seperti agama, pkn, b.inggris dll pasti dapet. Selain itu juga matakuliah yg berhubungan langsung dengan ilmu pemerintahan antara lain: pengantar ilmu politik, politik indonesia, Perilaku politik, manajemen politik, dasar ilmu pemerintahan, politik ekonomi, politik di kota/desa, ilmu hukum dll pokoknya aspek-aspek kehidupan dari sudut pandang politik dan pemerintahan. Dapat juga, antropologi, sosiologi, manajemen, komunikasi, buat yg pengen kerja di media/jurnalis tentang politik. Untuk prospek kerja Ilmu Pemerintahan antara lain dapat bekerja di Departeman dalam negeri, sekretariat negara /DPR/MPR, Pemda, Departemen pertahanan, LIPI, Universitas, Kedutaan asing, BUMN, NGO/LSM lokal, Nasional, Internasional , lembaga riset, lembaga survei bisa juga atau bahkan pulang kampung menjadi perangkat desa.

Baca Juga : Cara dan Trik Antisipasi Serangan Malware Pada Komputer

KEUNGGULAN :

  • Berkemampuan menyusun dan mengevaluasi kebijakan public, bernegosiasi atau sosialisasi, Public speaking yang baik, Analisa Politik Lokal, dan mendesign arah kebijakan pemerintahan daerah dalam mewujudkan konsepGood Governance atau pemerintahan yang baik,
  • Berkemampuan menyusun dan mengevaluasi kebijakan Publik baik dalam lini pemerintahan maupun organisasi,
  • Berkemampuan menganalisis arah kebijakan Politik Lokal dan Pemerintahan Daerah maupun nasional,
Baca Juga : Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial Bagi Anak-Anak
  • Mampu Bernegosiasi, sosialisasi dll yang berhubungan dengan sosial
  • Berkemampuan Public Speaking.

DEFINISI ILMU PEMERINTAHAN

Pemerintahan adalah suatu seni dan ilmu. Dikatakan sebagai suatu seni karena ada beberapa pemimpin pemerintah yang tanpa pendidikan pemerintahan, mampu berkiat serta dengan kharismatik menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan ia dikatakan sebagai disiplin dari ilmu pengetahuan, ialah karena memenuhi syarat-syaratnya yaitu dapat, dipelajari dan diajarkan, serta memiliki objek, baik objek materi maupun formal.

Baca Juga :  Modus Predator Online Dalam Mengincar Mangsanya

Pemerintahan berasal dari kata pemerintah, yaitu kata “perintah” yang  memiliki empat unsur yaitu, ada dua pihak yang terkandung, kedua pihak tersebut saling memiliki hubungan satu sama lain, pihak yang memerintah memiliki wewenang, dan pihak yang diperintah memiliki ketaatan.

Ilmu pemerintahan juga merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana melaksanakan  organisasi kepengurusan (eksekutif), pengaturan (legeslatif), kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan (baik pemerintahan pusat dengan pemerintahan daerah, maupun rakyat dengan pemerintahnya) dalam berbagai peristiwa dan gejala pemerintahan secara baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Subscribe to receive free email updates:

Bisnis Properti Smartphone Murah