Cara dan Trik Antisipasi Serangan Malware Pada Komputer

Serangan Melware


Serangan Malware akhir-akhir inisemakin banyak terjadi namun solusi atau Trik Antisipasi Serangan Malware tidak ada, meski yang banyak yang tidak sadar itu terjadi, weekend kemarin terjadi perang dunia maya.




Bukan lagi perang militer dengan persenjataan berat atau senjata nuklir yang mengerahkan banyak anggota militer, tapi perang cyber di balik layar komputer untuk menghentikan satu virus atau malware bernama ‘WannaCry‘. Dijuluki ‘WannaCry‘, yang secara harfiah berarti ‘pengen nangis’, mungkin juga karena saking sedihnya melihat betapa lemah sistem sekuritisasi komputer orang-orang. Memang Malware ini menyerang pengguna Windows pada umumnya, terutama mereka yang masih menggunakan versi lama seperti Windows XP atau pengguna yang jarang update security software-nya.

Baca Juga : Cara Menghapus Malware Di Laptop I Amankan Komputer Dari Ancaman Internet

Sejak serangan pertama kali yang dilaporkan dari Inggris pada hari Jumat (12/5) pagi kemarin, CNN melaporkan "WannaCry" sudah menyebar ke 150 negara dengan lebih dari 200 ribu korban yang komputernya terinfeksi malware. Bukan cuma orang biasa, perusahaan-perusahaan besar dan organisasi besar dunia juga ikut jadi korban serangannya . Serangan pertama sudah dapat dihentikan, namun para ahli keamanan teknologi yakin ancaman WannaCry masih jauh dari selesai apalagi banyaknya pragramer di seluruh dunia. Bahkan katanya akan ada serangan gelombang kedua hari ini terjadi , Senin (15/5). Yang laptop atau HP ataupun tablet berbasis Windows-nya belum update dan atau tidak punya anti-virus, harus segera dilengkapi!

Baca Juga : Pengertian SEKURITISASI Dalam Dunia Internet, Skuritisasi Internet News

Untuk meminimalisir terjadinya serangan itu maka diperlukannya Trik Antisipasi Serangan Malware seperti dibawah ini :
  • Pastikan Anda mem-backup data di komputer secara rutin. Malware tidak hanya dapat mencuri informasi perbankan, perusahaan atau informasi pribadi lainnya, tetapi juga dapat menghapus seluruh isi komputer bahkan membuat komputer menjadi tidak berfungsi alias rusak.

Baca Juga : Pentingnya Cybersecurity Dan Upaya Cybersecurity

  • Jangan pernah membuka file attachment ataupun link yang tidak jelas dan berasal dari sumber yang tidak dikenal, termasuk attachment di email, media sosial, dan instant message (WhatsApp, BBM, Telegram) ataupun yahoo.
  • Sebelum membuka file atau folder, scan terlebih dahulu file tersebut dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus secara rutin dan trus menerus agar selalu update.
  • Perbarui sistem keamanan komputer anda dan web browser dengan patch terbaru.
  • Hapus semua pesan termasuk cookies yang tidak dikenal, jangan membukanya kembali.

Baca Juga : Bahaya Game Bagi Keluarga "Orang Asing Di Ruang Keluarga"

  • Jika tiba-tiba salah satu teman di media sosial mengirimkan pesan aneh dan tidak jelas, file, ataupun link yang mencurigakan, jangan dibalas atau bahkan jangan membuka  link tersebut. Segera tutup saja window chat itu anda.

Baca Lebih Lanjut >>>Klik Disini<<<
  
Download PDF FULL >>>Klik Disini<<<

Subscribe to receive free email updates:

Bisnis Properti Smartphone Murah