Cara Menghapus Malware Di Laptop I Amankan Komputer Dari Ancaman Internet

Cara Menghapus Malware Di Laptop

Cara Menghapus Malware Di Laptop, Yang dimaksud dengan komputer di sini adalah beragam gadget atau gawai yang dikenal saat ini, mulai dari ponsel pintar (smartphone), tablet, laptop, hingga Personal Computer (PC).

Komputer pada umumnya memiliki memory dan prosesor yang cara kerjanya hampir sama dengan memori dan otak manusia. Dengan itu berarti memory dan prosesor, komputer bisa menyimpan file-file komputer seperti program, foto-foto, dokumen, game, atau musik dll. Nah, komputer sendiri mempunyai 2 komponen utama yang dimilikinya, terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Ibaratnya manusia, hardware merupakan bagian tubuh komputer yang bisa dilihat. Tanpa komponen ini, sebuah komputer sebagus apapun tidak akan bisa beroperasi dengan baik. 

Baca Juga : Bahaya Game Bagi Keluarga "Orang Asing Di Ruang Keluarga"

Contoh nyata hardware komputer adalah mouse, monitor, printer, webcam, speaker dll. Cara Menghapus Malware Di Laptop, Sedangkan software adalah otaknya komputer. Agar bisa terhubung dan berjelajah di dunia maya maka, maka sebuah komputer membutuhkan jaringan internet. Internet akan menghubungkan komputer kita ke komputer lain baik itu hp, komputer tablet dll, di seluruh dunia, sama seperti  ponsel kita yang terhubung ke ponsel lain lewat jaringan kabel. Hebatnya, dengan koneksi internet kita bisa mengirim surat, dokumen, ngobrol dengan orang lain di seluruh dunia.

Seberapa aman komputer kita ketika terhubung ke jaringan internet dunia maya ?

Disebuah komputer atau tablet atau yang lainnya memiliki ribuan port yang berfungsi seperti pintu. Port inilah yang nantinya akan diatur apakah dibuka atau ditutup untuk menerima dan mengirim informasi setiap kali kita terhubung ke dunia maya internet. Seperti sebuah benteng yang membutuhkan pertahanan (anti virus), bagaimana kita menjaga ribuan pintu tersebut agar aman! Kuncinya adalah pastikan komputer Anda aman.

Apa Saja Ancaman Potensial di Internet (Dunia Maya)?

Seorang pengguna email, tentu pernah mendapatkan email spam, Spam adalah email sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita, tanpa dikehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam-macam, mulai dari sekedar menawarkan produk/jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerja sama, tawaran multi- level marketing dan iklan-iklan yang tidak dikehendaki kita. Spam termasuk ke dalam daftar masalah keamanan yang serius oleh karena itu ia dapat digunakan untuk mengirimkan trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serangan phishing.

Baca Juga : Pentingnya Cybersecurity Dan Upaya Cybersecurity

Malware

Program ini bagi seorang pengguna internet pemula biasanya tidak mengetahui apa itu Malware, Malware adalah sebuah program berisi kode berbahaya, termasuk di antaranya virus, worm, dan trojan. Malware disebarkan dan menyebarkan diri dengan memanfaatkan media media komunikasi populer, seperti email, pesan instan, situs, dan material download lewat koneksi peer-to-peer. Malware juga akan berusaha mengeksploitasi kelemahan pada sistem komputer tempat kita berselancar.

Spyware

Nah yang satu ini adalah Spyware yang mana  Spyware adalah sebuah program jahat yang bersembunyi di dalam komputer. Sesuai namanya, program ini akan memata-matai segala macam aktivitas yang kita lakukan di internet tanpa sepengetahuan kita, lalu mencuri data-data penting seperti username, password, dan informasi rekening bank wah bahaya ya!. Data tersebut kemudian akan dikirim kepada si pembuat program dan ini biasanya seorang hacker atau programer.

Baca Juga : Pengertian SEKURITISASI Dalam Dunia Internet, Skuritisasi Internet News

Spyware biasanya secara tidak sengaja akan terinstal secara otomatis ketika kita mengunduh software tertentu, atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs, atau mengklik link tertentu dari sebuah pesan email atau yang muncul secara tiba-tiba yang tidak kita inginkan di pesan instan. Kita mungkin  tidak sadar menerima sebuah spyware dan sedinya bagi yang tidak mengetahuinya maka secara tak sadar menyetujuinya “End User License Agreement” saat menginstal program softwarenya.

Baca Lebih Lanjut >>>Klik Disini<<<

Download PDF FULL >>>Klik Disini<<<

Subscribe to receive free email updates:

Bisnis Properti Smartphone Murah